Cuteki gadgets
Assalamu'alaikum... selamat datang di Blog-Q.. sederhana penuh makna..semoga bermanfaat..!!!

Tuesday, April 10, 2012

Menuntut Ilmu tidak bisa Instan


Zaman modern menuntut kita serba cepat. tak heran jika produk-produk yang menawarkan cara cepat untuk mencapai sesuatu selalu laris. dari makanan instan hingga cara untuk memahami agama secara instan pun hadir. promosi yang bombastis kerap membuat banyak orang tertarik meski mereka buta akan hakikatnya.
belakangan ini orang banyak tersentak dengan penemuan aktivasi otak tengah. konon menurut para pegiatnya, jika seseorang mampu mengaktifkan otak tengahnya ia akan melakukan aktivitas dengan lebih cepat. saking hebatnya, seorang bisa membaca, memasak, dan mewarnai dengan mata tertutup.
bagi para penuntut ilmu tentu saja hal ini akan sangat memudahkan. namun tanda tanya besarnya, apakah ilmu yang sangat mulia ini bisa dicapai dengan cara instan?
fakta sejarah berkata tidak. sebab, ulama-ulama terdahulu dengan tingkat kecerdasan yang tinggi tidak ada yang menuntut ilmu secara cepat. mereka bahkan seumur hidupnya mengabdikan diri untuk menuntut ilmu. berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. menghabiskan umurnya berpuluh tahun untuk mendapatkan ilmu.
Dikatakan kepada imam ahmad, seorang menuntut ilmu pada seorang guru saja yang memiliki ilmu yang banyak atau dia pergi berpetualang menuntut ilmu, Ahmad menjawab,"dia berpetualang dan menulis dan mendengar dari para ulama disetiap kota." bahkan musa sendiri yang sudah jadi nabi berjalan begitu jauh untuk menuntut ilmu.
Proses sangatlah penting. semakin melelahkan proses yang dilewati seseorang dalam menuntut ilmu, semakin banyak pula ilmu yang Allah akan berikan. karenanya dalam salah satu wasiat Imam Syafi'i kepada para penuntut ilmu adalah harus bersabar dalam waktu yang panjang.
Allah berfirman, "Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) kami, benar-benar akan kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik."(Al-ankabut : 69).
menuntut ilmu adalah salah satu jalan mencari keridhaan Allah yang membutuhkan kesungguhan. lalu dimanakah letak kesungguhan itu jika kita justru ingin mencari ilmu dengan cara-cara yang cepat?

sumber : majalah Hidayatullah edisi 11

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes